BREAKING NEWS

Sunday, November 9, 2014

BULAN BAKTI BEM FKUMM CANCER AS A NON COMMUNICABLE DISEASE (NCD)

Bulan Bakti “Dedication For Nation” merupakan program kerja unggulan Pengabdian Masyarakat Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia.Bulan Bakti diadakan pada bulan September dengan tema “Non Communicable Disease (NCD)”.
Fakta yang tercantum dalam laporan MDGs 2013,menyatakan bahwa sejak 1990,kematian pada anak telah menurun sebanyak 41% yaitu terjadi penurunan kurang lebih sebanyak 14.000 anak/hari namun masih ada 6.900.000 anak dibawah 5 tahun yang meninggal pada tahun 2011 (terutama karena penyakit yang bisa dicegah)
Kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama dunia dan terhitung sekitar 7,6 juta (13%) angka kematian di tahun 2008. Lebih dari 70% dari seluruh kematian akibat kanker pada tahun 2008 terjadi di negara berpendapatan rendah hingga menengah. Kematian akibat kanker terus meningkat, dengan perkiraan sekitar 13,1 juta jiwa sekarat pada tahun 2030.
Kanker merupakan penyakit yang menakutkan dan berat bagi penderitanya. Proses penyembuhannya sendiri membutuhkan perjuangan berat yang harus dijalani setiap penderita, seperti kemoterapi dan radioterapi. Dan tak banyak dari mereka dapat bertahan. Oleh karena itu mereka membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung kesembuhan dan empati, sehingga perlu dilakukan kegiatan yang mendekatkan diri dengan penderita kanker dan memberi pembelajaran tentang kanker sebagai Non Communicable Disease (NCD)

TUJUAN
       Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini antara lain :
  • Melaksanakan Kegiatan dengan lancar sesuai tanggal perencanaan, yaitu 21 September 2014.
  • Memberikan dorongan moral kepada para penderita kanker.
  • Memberikan pemahaman tentang kanker kepada masyarakat melalui penyuluhan, pamflet dan stiker.
  • Menyantuni dan memberikan pengetahuan kepada anak yatim tentang kanker.
Hasil dan Pembahasan
Badan Eksekutif Fakultas Universitas Muhammadiyah Malang (BEM FKUMM), menyelenggarakan bulan bakti di Rumah Singgah Sedekah Rombongan, Malang, berupa Penyuluhan tentang Kanker sebagai Non Communicable Disease (NCD) dan penyebabnya serta cara menghindari  untuk masyarakat umum. Kegiatan yang berlangsung ini merupakan serangkaian acara ISMKI yang disebut Bulan Bakti ISMKI. Kegiatan Ini dimulai sejak pagi, 21 September 2014, dan sangat diminati oleh para penderita kanker dan para peserta yang terdiri dari mahasiswa FKUMM dan dua belas anak yatim. Banyaknya jumlah penanya menunjukkan antusiasme yang tinggi atas terselenggaranya acara tersebut.

Bulan bakti ini yang mendatangkan dr. Dian ,Sp. PA sebagai pakar dalam bidang kanker untuk memberikan informasi cara mencegah kanker dan apa itu kanker kepada para penderita kanker serta para peserta termasuk keduabelas anak yatim yang didatangkan.
Usai dilakukan penyuluhan, Segenap peserta turut serta menghibur para penderita kanker dalam kebersamaan serta mendoakan kesembuhan mereka. Kegiatan ini diakhiri dengan makan bersama dan berfoto bersama. 

KESIMPULAN
        Setelah dilakukan Kegiatan dan Evaluasi didapatkan kesimpulan sebagai berikut:
1.      Pada kegiatan ini antusiasme msyarakat tentang kanker masih tinggi
2.      Banyak orang yang membutuhkan dukungan moral terutama para penderita kanker.
3.      Kegiatan ini sangat bermanfaat dan memiliki hasil positif.



Share this:

Post a Comment

 
Back To Top
Distributed By Blogger Templates | Designed By OddThemes